Berita

Asal Mula Terbentuk ISIS

Asal Mula Terbentuk ISIS

ISIS berawal dari Amerika Serikat dengan negara-negara sekutu yang mengikuti ke Irak di tahun 2003.

Pada saat itu Irak masih dibawah Pimpinan Saddam Husain.

Tujuan utamanya adalah mencari senjata pemusnah massal,

tetapi tentu saja tujuan utamanya adalah penguasaan minyak dan menurunkan Saddam Husain. Terbukti  akhirnya senjata pemusnah massal tidak terdapat di Irak karena memang isu ini hanya digunakan untuk pemancing agar AS dapat menguasai Irak

Irak telah menjadi tempat yang menakutkan untuk sementara waktu sekarang, untuk sejumlah alasan, tetapi saat ini menakutkan dalam huruf miring karena kelompok teroris kita semua sudah tahu tentang di masa lalu tiga bulan-ISIS

Ini ada salah satu cerita dari sahabat pena IslamTalking yang sedang terjun di Irak :

Jadi dia menyamar menjadi sopir taksi,

diriku sendiri,

dan dua bajingan mengerut kami menuju barat menuju Khazir.

Setelah sekitar 45 menit, kami menyeberangi pos pemeriksaan yang berarti kita meninggalkan wilayah Kurdi, dan beberapa menit kemudian, tepat ketika titik biru telepon saya mulai mendapatkan hanya cukup dekat ke Mosul untuk menyukai saya, saya melihat keluar jendela kanan mobil dan melihat kamp:

Kami berhenti, menghabiskan banyak waktu meyakinkan petugas kamp dan diri kita sendiri bahwa saya adalah seorang jurnalis, dan akhirnya aku diizinkan masuk.

Aku tidak punya rencana, tepatnya, jadi aku mulai berjalan melalui garis-garis panjang tenda, mencatat bahwa 118 ° F (48 ° C) suhu saya telah menderita melalui sepanjang minggu harus hampir mematikan sini, di mana satu-satunya jalan keluar adalah di tenda.

Setelah beberapa menit, saya bertemu dengan seorang pria bernama Kamil yang berbicara sedikit bahasa Inggris, dan dia mengundang saya ke tenda keluarganya. Setelah berbicara dengan dia sedikit, saya belajar bahwa itu benar-benar tenda beberapa keluarga ‘, dan bahwa ada 12 orang yang tinggal di dalamnya lima orang dewasa dan tujuh anak. Ada listrik yang cukup untuk TV dan kipas angin, dan sebagian besar dari kasur yang ditumpuk di samping.

Dia mengatakan kepada saya bahwa 12 orang untuk tenda adalah umum di kamp, ​​dan disebutkan bahwa tendanya sebenarnya akan pindah ke 13, sambil menunjuk salah satu wanita yang tinggal di sana yang benar-benar hamil.

Kamil adalah dari Mosul, seperti semua orang di kamp. Mosul adalah kota terbesar kedua di Irak, hanya 30 km sebelah barat dari kamp-dan pada 9 Juni, kubu ISIS. Setelah mengambil alih, salah satu perintah pertama bisnis untuk ISIS telah mengumpulkan pekerja pemerintah untuk eksekusi. Kamil, seorang polisi, beruntung untuk keluar dengan keluarganya sebelum mereka sampai kepadanya. Ketika saya bertanya apakah dia pikir dia akan kembali ke Mosul di beberapa titik, ia menggelengkan kepalanya dan berkata, “Fuck Mosul.”

Begitu ia mengetahui bahwa aku akan menulis tentang waktu saya di Irak, ia membawa saya keluar dari tenda untuk bergabung dengannya di khusus Oh Oke Kemudian saya Ingin menunjukkan dengan tepat bagaimana Upsetting Semuanya Berikut Apakah Jadi Anda Bisa Menulis Tentang Ini dan memberitahu semua orang Tour.

Dia berjalan saya melewati keran komunal untuk air minum, dan mengatakan orang-orang menggunakan air itu untuk membersihkan diri juga, karena tidak melihat mandi sejak mereka tiba.

Dunia Muslim baru menikmati 20 tahun persatuan internal yang sampai Muhammad meninggal, dan kemudian itu adalah akhir dari itu, selamanya.

Masalahnya adalah bahwa Muhammad tidak menunjuk pengganti sebelum ia meninggal, atau jika ia melakukannya, ia tidak mendapatkan kata keluar untuk semua orang. Dan karena ia tidak punya anak laki-laki yang tinggal, tidak ada jawaban yang jelas. Inilah yang terjadi:

Grup A berpikir bahwa Muhammad menginginkan para anggota elit masyarakat Muslim untuk memilih pemimpin pas, atau khalifah, dan setiap kali khalifah yang mati, elit akan memilih pemimpin berikutnya, dan seterusnya. Dan Grup A memutuskan pertama yang hebat khalifah berhasil Muhammad akan menjadi ayah dari salah seorang istri Muhammad, Abu Bakar (kami akan memanggilnya Abu).

Grup B tidak setuju. Mereka pikir Muhammad akan mengatakan kepada mereka bahwa hanya Tuhan yang bisa memilih penerus untuk memimpin dunia Muslim, dan itu hanya bisa terjadi dengan menjaga hal-hal dalam keluarga. Bagi mereka, semua tanda menunjuk sepupu Muhammad dan suami dari putrinya Fatimah, Ali bin Abi Thalib (Ali).

Grup A lebih besar dan memenangkan.

Jadi ayah mertua Abu mengambil alih sebagai khalifah, sementara anak-in-hukum Ali menyaksikan dari pinggir lapangan dan Grup B mendidih.

Ketika Abu meninggal karena sakit dua tahun setelah mengambil alih, teman lain dari Muhammad, Umar, mengambil alih, yang telah ditunjuk oleh Abu sebelum kematiannya. Umar memerintah selama sepuluh tahun sebelum ia dibunuh oleh Persia yang baru saja ditaklukkan. Abu juga telah menunjuk pengganti Umar, Utsman, yang memerintah selama 12 tahun sebelum dia dibunuh. Sementara itu, Grup B tidak berdaya dan frustrasi.

Tapi kemudian, elit memutuskan khalifah berikutnya dan keempat harus orang-dan asli Ali-Grup B selama dua detik, semua orang bahagia.

Lima tahun kemudian, Ali dibunuh, dan ketika putra sulungnya Hassan menjadi khalifah kelima, ia dengan cepat dikuasai oleh pasukan pemberontak agresif dipimpin oleh Muawiyah, yang dipaksa Hassan dari kekuasaan dan menjadi keenam khalifah-dan Grup A dan Grup B tidak akan pernah mendamaikan lagi. Sementara Muawiyah adalah yang pertama dari dinasti panjang khalifah, Grup B mengisahkan cerita yang berbeda. Bagi mereka, para pemimpin yang lebih istimewa dari sekedar terpilih khalifah-mereka imam ilahi yang dipilih, dan cara mereka melihatnya, setelah penundaan tiga khalifah mengganggu, imam pertama mereka akhirnya berkuasa ketika Ali mendapat pekerjaan. Putra sulungnya Hassan adalah imam kedua mereka, dan ketika Muawiyah menendang dia keluar, Grup B melemparkan dukungan mereka di belakang anak muda Ali, Husain-mereka imam ketiga.

Husain, imam ketiga Grup B, akhirnya dipenggal oleh Yazid, Grup A khalifah ketujuh (pengganti Muawiyah), dan sebagainya Grup B pindah ke anak Husain sebagai imam keempat mereka, sementara Grup A terus mengabaikan Grup B dan mendukung khalifah mereka.

Ini adalah lebih dari 1300 tahun yang lalu, namun dunia Muslim saat ini masih benar-benar dibagi di atasnya, dan begitu banyak perselisihan Timur Tengah saat ini berpusat di sekitar perpecahan kuno ini.

Grup A adalah Sunni dan Grup B adalah Syiah.

Hari ketegangan Sunni-Syiah adalah tentang banyak hal, tetapi pada intinya mereka adalah apa yang terjadi pada abad ke-7. Muslim Sunni percaya pada garis mereka khalifah, dan tidak percaya mereka dipilih oleh Allah, dan Muslim Syiah menolak tiga khalifah pertama dan bukannya percaya pada garis imam ilahi yang dipilih dimulai dengan Ali, memuja khususnya Ali4 dan nya anak dan imam ketiga, Husain. Kedua sekte setuju bahwa Muhammad adalah nabi terakhir, keduanya mengikuti Rukun Islam, dan keduanya melihat Quran sebagai kitab suci tapi Syiah kurang diragukan lagi menerima Quran secara keseluruhan, karena mereka percaya bagian-bagian tertentu yang diceritakan oleh orang-orang selain imam.

Tiba-tiba, Syiah bertanggung jawab atas negara-negara sepanjang jalan dari Iran ke Mediterania, menciptakan semacam Syiah Axis. Ini adalah hal yang besar bagi bangsa Syiah terbesar di dunia, Iran, dan takut kotoran keluar dari bangsa Sunni yang paling kuat di kawasan ini, Arab Saudi. Dan apa yang telah terjadi adalah Arab Saudi dan Iran terlibat dalam apa yang pada dasarnya Perang Dingin, berlomba-lomba untuk kekuasaan yang lebih luas, dengan konflik seperti Perang Saudara Suriah dan kekacauan saat ini di Irak menjabat sebagai perang proxy yang bisa ujung keseimbangan dalam perjuangan yang lebih besar. Inilah sebabnya mengapa Iran ingin ISIS (kelompok Sunni) menghilang dan mengapa Anda sering mendengar bahwa AS dan Iran mungkin benar-benar setuju pada sesuatu (meskipun untuk alasan yang berbeda). Ini juga mengapa Saudi telah dikabarkan telah didanai gerakan perlawanan Sunni di Suriah dan Irak, bahkan mungkin mengarahkan dana kepada kelompok-kelompok seperti ISIS.22

Namun faktor lain bermain dalam kesulitan adalah ketidakstabilan simultan Irak yang berdekatan dan Suriah-ini menciptakan perbatasan yang tidak stabil, serta situasi di mana bagian depan teroris melawan terputus-putus dan tanpa narasi nasional bersama untuk memperjuangkan. Hal ini juga memungkinkan kelompok teroris untuk bersembunyi di satu negara dari masalah yang lain.

Akhirnya, kekuatan Barat sering menyediakan tutup dari jauh ketika hal-hal meletus di suatu tempat-tetapi dalam kasus ini, kekuatan-kekuatan telah pistol malu karena mereka baru saja keluar dari perang mengerikan di daerah dan benar-benar benar-benar ingin menghindari terlibat. Sampai pidato Mid-September Obama, AS telah melakukan segala kemungkinan untuk menghindari terlibat.

Bila Anda menambahkan ini semua bersama-sama-tidak stabil dan dibagi pemerintahan baru dengan amatir, tentara dipertanyakan-setia dan populasi minoritas yang merasa marah simpati bagi siapa saja yang akan menolak pemerintah; kepentingan tetangga raksasa, Arab Saudi, selaras dengan penggulingan pemerintah; perang saudara sebelah; dan sekelompok kekuatan Barat yang telah ditentukan untuk tetap keluar-Anda memiliki badai yang sempurna untuk sengit dari kelompok teroris muncul dari pinggiran dan menaklukkan.

ISIS

Pada awal dari ISIS23-a jihad Sunni kelompok-dapat ditelusuri kembali ke tahun 1999, ketika Abu Musab al-Zarqawi, seorang jihadis Yordania, mulai kelompok karena dia kesal tentang banyak hal. Setelah Zarqawi bersumpah setia kepada al-Qaeda pada tahun 2004, ini berkembang menjadi apa yang dikenal sebagai “al-Qaeda di Irak,” dan merupakan salah satu dari kelompok-kelompok pemberontak bayangan Anda terus membaca tentang pertempuran AS selama perang. Ketika aktivitas gerilyawan mereda setelah pasukan AS pada tahun 2007, ISIS tampak menurun dan menghilang dari relevansi untuk sedikit.

Mugshot_of_Abu_Bakr_al-Baghdadi
Al-Baghdadi
Pada tahun 2010, setelah pemimpin kedua ISIS yang dibunuh, Abu Bakr al-Baghdadi-mantan sarjana studies24 Islam dan AS perang tahanan kembali 200.425-mengambil alih dan mendapat kelompok kembali ke jalur. Dia diisi ulang kepemimpinan mereka sebagian membunuh-off-dengan puluhan Ba’athist personil militer tua Saddam, yang membawa pengalaman kunci grup. Kemudian pada tahun 2011, ketika Perang Saudara Suriah pecah, ISIS bergabung sebagai pemberontak force26-yang membantu untuk melatih dan pertempuran-mengeras kelompok. Perilaku ISIS di Suriah sangat brutal dan parah sehingga mereka bahkan mulai merayap keluar kelompok orang jahat lainnya, termasuk al-Qaeda, yang akhirnya memiliki mengamuk pada awal 2014 dan memutus semua hubungan dengan ISIS.

Sampai awal Juni 2014, hanya mereka yang hati-hati mengikuti berita tahu tentang ISIS. Tapi itu ketika semuanya berubah.

Pada tanggal 5 Juni, hanya beberapa jam setelah saya membeli penerbangan tidak dapat dikembalikan saya ke Irak, ISIS menyerbu ke negara itu, menguasai perbatasan, dan mulai secara sistematis menaklukkan kota-kota di bagian barat negara. Dan tiba-tiba, semua orang telah mendengar tentang ISIS.

Dua hal yang sangat mengejutkan tentang muka ISIS ke dalam Irak. Pertama, mengerikan, Genghis Khan cara-gaya mereka melakukan bisnis yaitu segera mengumpulkan dan melaksanakan semua orang otoritas, dalam hal ini siapa saja yang pernah di gaji pemerintah, dan kemudian jalankan orang lain yang menolak takeover.27 mereka Kedua, fakta bahwa di kota demi kota ISIS menyerang, militer Irak akan lari adegan. Hal ini sebagian karena mereka ngeri dari ISIS dan sebagian karena, sebagaimana disebutkan di atas, anggota Sunni dari tentara yang tidak benar-pertempuran melawan kelompok Sunni untuk membela pemerintah mereka benci. Irak Jadi Barat sedang melipat cepat ke ISIS, dan dengan 9 Juni, mereka telah menangkap Mosul, kota terbesar kedua di Irak.

Wilayah Suriah dan Irak mereka telah menaklukkan (dan masih dalam kendali) adalah ukuran Belgia. Al-Qaeda tidak pernah menaklukkan orang apa-mereka hanya dibunuh. Jadi bagaimana ISIS melakukannya? Selain badai yang sempurna faktor yang dibahas di atas, termasuk dukungan jauh lebih diam-diam dari massa warga sipil dari al-Qaeda pernah, ISIS memiliki tiga kualitas yang membuat mereka sangat efektif:

1) Mereka brutal. Tidak menghargai kehidupan manusia adalah kualitas membantu ketika mencoba untuk menaklukkan bangsa. Laporan Amnesty International ini rincian rekening nyata ISIS kebrutalan begitu menakutkan itu tidak tampak nyata. Sebuah contoh dari kutipan dalam laporan ini:

Seorang saksi satu pembunuhan massal seperti di Solagh, sebuah desa di selatan-timur dari kota Sinjar, mengatakan kepada Amnesty International bahwa pada pagi hari tanggal 3 Agustus, karena ia mencoba melarikan diri ke arah Gunung Sinjar, ia melihat kendaraan dengan pejuang IS di dalamnya mendekati, dan berhasil menyembunyikan diri. Dari tempat persembunyiannya dia melihat mereka mengambil beberapa warga sipil dari sebuah rumah di pinggiran barat Solagh:

“Sebuah putih Toyota pick-up berhenti di rumah tetangga saya, Salah Mrad Noura, yang mengangkat bendera putih untuk menunjukkan mereka adalah warga sipil yang damai. Pick-up memiliki beberapa 14 IS pria di belakang. Mereka mengambil beberapa 30 orang dari tetangga saya rumah: laki-laki, perempuan dan anak-anak. Mereka menempatkan perempuan dan anak-anak, sekitar 20 dari mereka, di belakang kendaraan lain yang datang, putih Kia besar, dan orang-orang berbaris, sekitar sembilan dari mereka, ke wadi [sungai kering] di dekatnya. Di sana mereka membuat mereka berlutut dan menembak mereka di belakang. Mereka semua tewas; Aku menyaksikan dari tempat persembunyian saya untuk waktu yang lama dan tidak satupun dari mereka pindah. Saya tahu dua dari mereka yang tewas: tetangga saya Salah Mrad Noura, yang berusia sekitar 80 tahun, dan anaknya Kheiro, berusia sekitar 45 atau 50. ”

ISIS telah resmi menjadi kelompok teroris paling mematikan dalam sejarah. Alat ini memetakan aktivitas kelompok teroris yang paling terkemuka di dunia, dan ketika Anda menyaring oleh “Kebanyakan Korban,” ISIS muncul pertama, meskipun sekitar untuk kurang dari satu dekade (jumlah kematian mereka lebih dari dua kali lipat jumlah seumur hidup al-Qaeda ). Gambar di bawah alat menunjukkan kelompok teroris peringkat dari jumlah pembunuhan yang paling (di kiri atas) untuk paling (di kanan bawah). Setiap mini-grafik menunjukkan aktivitas dari waktu ke waktu, dengan bar merah dan kuning mewakili kematian dan luka-luka, masing-masing:

2) Mereka canggih. Fungsi ISIS seperti yang dikelola perusahaan-ia tahu bagaimana merekrut (pasukan ISIS yang seharusnya hingga 50.000 di Suriah dan 30.000 di Irak), ia tahu bagaimana menggalang dana, dan itu sangat terorganisir. ISIS menghasilkan laporan tahunan yang menyeluruh dan profesional yang merinci pembunuhan dan penaklukan dengan cara yang sama sebuah perusahaan akan melaporkan pendapatan dan marjin kotor. Berikut grafik mengerikan dari laporan mereka 2013 mogok berbagai metode mereka untuk tahun 7681 serangan:
Mereka juga pro di media sosial. Aaron Zelin, seorang ahli jihadis di Washington Institute, mengatakan bahwa ketika datang ke media sosial, ISIS adalah “mungkin lebih canggih daripada kebanyakan perusahaan-perusahaan AS.”

3) Mereka sangat kaya. Menurut intelijen Irak, ISIS memiliki aset senilai $ 2 miliar, sehingga sejauh kelompok teroris terkaya di dunia. Sebagian besar uang ini ditangkap setelah penangkapan Mosul, termasuk ratusan juta dolar AS dari bank sentral Mosul. Selain itu, mereka telah mengambil ladang minyak dan dilaporkan membuat $ 3 juta per hari menjual minyak di pasar gelap, dengan lebih banyak uang yang masuk melalui sumbangan, pemerasan, dan tebusan. ISIS juga telah mendapat Kuasai jumlah menjengkelkan tinggi kaliber, senjata buatan AS dan tank yang untuk penggunaan militer Irak tetapi tertinggal ketika tentara melarikan diri. Mereka bahkan sudah mendapatkan tangan mereka pada bahan nuklir yang mereka temukan di Mosul University.

Pada 29 Juni, ISIS hanya sepenuhnya pergi untuk itu dan menyatakan dirinya sebagai khalifah-ie negara-dan memerintahkan umat Islam seluruh dunia untuk mematuhi Abu Bakr al-Baghdadi, grand khalifah Islam global. Mereka yang tinggal di kota-kota ISIS-ditangkap mendapatkan rasa apa kehidupan di kekhalifahan baru seperti:

Perempuan memiliki sekitar sebanyak hak sebagai ikan mas, hampir tidak diizinkan untuk meninggalkan rumah dan dilarang menunjukkan wajah mereka di depan umum.
Tidak merokok pernah, dan juga tidak ada gangguan dengan atau menonaktifkan detektor asap di toilet pesawat.
Jika mereka tidak hanya ditangkap dan dieksekusi di tempat, Kristen dan non-Muslim dipaksa untuk masuk Islam, membayar pajak non-Muslim yang besar dan kuat, menjadi pengungsi, atau mati. Pintu rumah Kristen ditandai dengan ن, simbol yang menandakan bahwa mereka Kristen. Nazi-esque.
Beberapa laporan mengatakan fatwa (hukum pemerintahan Islam oleh otoritas) dikeluarkan menyatakan bahwa semua wanita antara usia 11 dan 46 akan menjalani mutilasi genital, tradisi dimaksudkan untuk menekan hasrat seksual wanita untuk mencegah “perilaku tidak bermoral.” 28
Adapun tujuan masa depan, tujuan jangka pendek adalah untuk membangun sebuah negara Islam di wilayah itu saat ini menguasai, dengan beberapa perluasan batas-batas. Dalam jangka menengah, al-Baghdadi telah menyatakan bahwa “kemajuan yang diberkati ini tidak akan berhenti sampai kita memukul paku terakhir di peti mati dari konspirasi Sykes-Picot” -yaitu sampai garis pensil dan penggaris diambil setelah Perang Dunia I telah pergi dan semua bangsa adalah bagian dari kekhalifahan baru. Dalam jangka panjang, ISIS ingin memperluas khalifah kepada mencapai dinasti Muslim pertama di 750 AD, dan seterusnya:

Mereka juga pro di media sosial. Aaron Zelin, seorang ahli jihadis di Washington Institute, mengatakan bahwa ketika datang ke media sosial, ISIS adalah “mungkin lebih canggih daripada kebanyakan perusahaan-perusahaan AS.”

3) Mereka sangat kaya. Menurut intelijen Irak, ISIS memiliki aset senilai $ 2 miliar, sehingga sejauh kelompok teroris terkaya di dunia. Sebagian besar uang ini ditangkap setelah penangkapan Mosul, termasuk ratusan juta dolar AS dari bank sentral Mosul. Selain itu, mereka telah mengambil ladang minyak dan dilaporkan membuat $ 3 juta per hari menjual minyak di pasar gelap, dengan lebih banyak uang yang masuk melalui sumbangan, pemerasan, dan tebusan. ISIS juga telah mendapat Kuasai jumlah menjengkelkan tinggi kaliber, senjata buatan AS dan tank yang untuk penggunaan militer Irak tetapi tertinggal ketika tentara melarikan diri. Mereka bahkan sudah mendapatkan tangan mereka pada bahan nuklir yang mereka temukan di Mosul University.

Pada 29 Juni, ISIS hanya sepenuhnya pergi untuk itu dan menyatakan dirinya sebagai khalifah-ie negara-dan memerintahkan umat Islam seluruh dunia untuk mematuhi Abu Bakr al-Baghdadi, grand khalifah Islam global. Mereka yang tinggal di kota-kota ISIS-ditangkap mendapatkan rasa apa kehidupan di kekhalifahan baru seperti:

Perempuan memiliki sekitar sebanyak hak sebagai ikan mas, hampir tidak diizinkan untuk meninggalkan rumah dan dilarang menunjukkan wajah mereka di depan umum.

Tidak merokok pernah, dan juga tidak ada gangguan dengan atau menonaktifkan detektor asap di toilet pesawat.

Jika mereka tidak hanya ditangkap dan dieksekusi di tempat, Kristen dan non-Muslim dipaksa untuk masuk Islam, membayar pajak non-Muslim yang besar dan kuat, menjadi pengungsi, atau mati. Pintu rumah Kristen ditandai dengan ن, simbol yang menandakan bahwa mereka Kristen. Nazi-esque.

Beberapa laporan mengatakan fatwa (hukum pemerintahan Islam oleh otoritas) dikeluarkan menyatakan bahwa semua wanita antara usia 11 dan 46 akan menjalani mutilasi genital, tradisi dimaksudkan untuk menekan hasrat seksual wanita untuk mencegah “perilaku tidak bermoral.” 28

Adapun tujuan masa depan, tujuan jangka pendek adalah untuk membangun sebuah negara Islam di wilayah itu saat ini menguasai, dengan beberapa perluasan batas-batas. Dalam jangka menengah, al-Baghdadi telah menyatakan bahwa “kemajuan yang diberkati ini tidak akan berhenti sampai kita memukul paku terakhir di peti mati dari konspirasi Sykes-Picot” -yaitu sampai garis pensil dan penggaris diambil setelah Perang Dunia I telah pergi dan semua bangsa adalah bagian dari kekhalifahan baru. Dalam jangka panjang, ISIS ingin memperluas khalifah kepada mencapai dinasti Muslim pertama di 750 AD, dan seterusnya:…

– Sumber: http://islamberkomunikasi.blogspot.co.id/2015/03/asal-mula-terbentuk-isis.html

Click to add a comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Berita

More in Berita

Pusterad Masuki Usia 31 Tahun, Maksimalkan Tugas Fungsi Teritorial

PusteradMarch 13, 2020

31 Th ANNIVERSARY, PUSTERAD DONORKAN DARAH

PusteradFebruary 26, 2020

MERIAHKAN HUT KE-31 PUSTERAD UPACARA PEMBUKAAN PERTANDA GONG DIMULAINYA BEBERAPA PERTANDINGAN OLAH RAGA

PusteradFebruary 17, 2020

KARYA BHAKTI DALAM RANGKA HUT KE 31 PUSTERAD

PusteradFebruary 12, 2020

“MANUNGGAL PENGHIJAUAN” PUSTERAD DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT MELAKSANAKAN PENGHIJAUAN DI WADUK SETU CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

PusteradNovember 18, 2019

Reformasi Birokrasi Pusterad

PusteradOctober 5, 2018

KEGIATAN PULDATA INTELTER DI KODIM 1623/KARANGASEM, KOREM 163/WIRASATYA

PusteradApril 12, 2018

KEGIATAN SOSIALISASI PENGUMPULAN DATA INTELTER BERBASIS INTERNET DI WILAYAH KOREM 163/WIRASATYA

PusteradApril 12, 2018

ASISTENSI TEKNIS PENYELENGGARAAN BINTAHWIL TA. 2018 STAF SDIRBINTER

PusteradApril 5, 2018