Berita

“MANUNGGAL PENGHIJAUAN” PUSTERAD DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT MELAKSANAKAN PENGHIJAUAN DI WADUK SETU CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

“MANUNGGAL PENGHIJAUAN” PUSTERAD DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT MELAKSANAKAN PENGHIJAUAN DI WADUK SETU CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Langkah bijak yang kongkrit yang dilakukan Pusterad sebagai wujud pengabdian TNI yang selalu hadir ditengah-tengah rakyat untuk mengobarkan semangat gotong royong dalam membantu percepatan pembangunan demi terciptanya lingkungan yang hijau, asri, bersih dan segar, yang dilakukan oleh Pusterad yang ingin menjadikan Indonesia hijau, bekerja sama dengan Kotamadya Jakarta Timur dengan melibatkan segenap warga dan aktifis lingkungan telah berhasil menanam 2.200 bibit pohon produktif dan penebaran 15.000 benih ikan di wilayah Waduk Setu Cipayung Jakarta Timur. Gerakan ini sekaligus sebagai langkah nyata untuk memulihkan dan memperbaiki kualitas udara yang teduh, sejuk dan bersih serta memberi ruang terbuka hijau yang nyaman untuk dikunjungi serta mampu mencegah bahaya erosi.

Dalam sambutannya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, M.A. menyatakan bahwa satu-satunya milik Nasional yang tetap tidak berubah adalah TNI, inilah yang menggugah dan mendasari semangat Pusterad yang selalu bahu membahu dan selalu menyatu bersama rakyat dalam melaksanakan “TNI Manunggal Penghijauan”. Kenyamanan itu memang tidak langsung bisa dirasakan dengan instan walau yang menanam terkadang tidak bisa merasakan, akan tetapi generasi kedepan yaitu anak cucu kita pasti akan merasakan kenikmatan dan kesejukan udara bersih serta kenyamanan lingkungan yang kita ciptakan, juga akan memberikan banyak manfaat untuk orang lain, tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. “Kita semua tahu bahwa kota besar seperti Jakarta ini juga padat akan kendaraan bermotor sebagai salah satu sumber pencemaran udara terbesar”, namun dengan adanya upaya penanaman pohon ini baik dipinggir ataupun ditengah kota, maka akan sanggup mengurangi kadar pencemaran udara dan akan mampu menyerap karbondioksida yang akan mengubahnya menjadi oksigen yang sangat bermanfaat bagi manusia, hewan serta mahluk-mahluk Allah lainnya di muka bumi ini.

Danpusterad juga menambahkan bahwa “sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” dan “jika kita telah berbuat baik sesungguhnyalah kita telah berbuat baik untuk diri kita sendiri”.

Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin, S.I.P., M.Si., selaku pelaksana kegiatan “TNI Manunggal Penghijauan” menyatakan, melalui TNI Manunggal Penghijauan Pusterad bertekad untuk meningkatkan kebersamaan serta semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara guna mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan diwilayah serapan air. Penghijauan mempunyai manfaat fungsi yang sangat banyak dan penting bagi bumi dan makluk-makluk yang berada di sekitarnya, diantaranya fungsi penghijauan :
 Mencegah erosi/banjir
 Menjaga kualitas air tanah
 Melindungi satwa
 Mengurangi polusi udara
 Mengurangi dampak hujan asam
 Pengontrol iklim
 Mengurangi partikel debu
 Mencegah efek rumah kaca
 Menghemat biaya
 Penyuplai pupuk alami
 Pemecah angin
 Sarana terapi kesehatan
 Menjaga mata air
 Memperindah pemandangan
 Tempat wisata dan rekreasi
 Sarana pembelajaran
 Melindungi bumi
Serta masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya.

Mohammad Anwar selaku Walikota Jakarta Timur sangat berterima kasih kepada jajaran TNI AD khususnya Pusterad yang telah bekerja sama dalam melakukan program penghijauan khususnya diwilayah Cipayung yang saat ini sudah hijau selamanya akan terus hijau.

Berita

More in Berita

Reformasi Birokrasi Pusterad

PusteradOctober 5, 2018

KEGIATAN PULDATA INTELTER DI KODIM 1623/KARANGASEM, KOREM 163/WIRASATYA

PusteradApril 12, 2018

KEGIATAN SOSIALISASI PENGUMPULAN DATA INTELTER BERBASIS INTERNET DI WILAYAH KOREM 163/WIRASATYA

PusteradApril 12, 2018

ASISTENSI TEKNIS PENYELENGGARAAN BINTAHWIL TA. 2018 STAF SDIRBINTER

PusteradApril 5, 2018

Kegiatan Asnis Gar Komsos Staf Dirbinter

PusteradApril 5, 2018

SERTIJAB DANPUSTERAD DARI MAYJEN TNI HADI PRASOJO KEPADA MAYJEN TNI HARTOMO

PusteradJanuary 18, 2018

SOSIALISASI UNDANG-UNDANG AMNESTI PAJAK

PusteradAugust 23, 2016

Bahaya Narkoba

PusteradMay 12, 2016

10 Tempat Terbaik untuk Berbulan Madu di Indonesia

PusteradApril 29, 2016