Tugas Pokok

Pusterad bertugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis teritorial serta membantu penyelenggaraan OMP dan OMSP dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Darat.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut di atas, Pusterad menyelenggarakan fungsi-fungsi sebagai berikut:

(1) Fungsi Utama.

a. Pembinaan Teritorial. Menyelenggarakan kegiatan meliputi pembinaan teritorial dan pembinaan wilayah pertahanan darat dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
b. Pembinaan Sistem dan Metode. Menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan doktrin, peraturan dan petunjuk, pembinaan organisasi dan pembinaan manajemen teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
c. Pembinaan Pendidikan dan Latihan. Menyelenggarakan kegiatan berkenaan dengan penyelenggaraan, asistensi, pengawasan pendidikan dan latihan, pembinaan satuan teritorial guna meningkatkan mutu prajurit dan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
d. Pembinaan Penelitian dan Pengembangan. Menyelenggarakan kegiatan yang berkenaan dengan penelitian dan pengembangan Aparat Teritorial, Sistem dan Metode, Teknologi Terapan dan Sarana Prasarana dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
e. Pembinaan Pusat Informasi Teritorial. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi bidang teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.

(2) Tugas (melaksanakan Fungsi Organik Militer). Menyelenggarakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, teritorial, perencanaan serta pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad, sebagai berikut:

a. Intelijen. Menyelenggarakan kegiatan di bidang pengamanan, dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
b. Operasi. Menyelenggarakan kegiatan di bidang latihan dan kesiapan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
c. Personel. Menyelenggarakan kegiatan di bidang penggunaan, perawatan, dan pemisahan personel dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
d. Logistik. Menyelenggarakan kegiatan di bidang pembekalan, pemeliharaan, angkutan, administrasi logistik serta penatausahaan dan pengurusan BMN dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
e. Teritorial. Menyelenggarakan kegiatan di bidang teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
f. Perencanaan. Menyelenggarakan kegiatan di bidang perumusan rencana, pelaksanaan serta pengendalian program dan anggaran dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
g. Pengawasan dan Pemeriksaan. Menyelenggarakan kegiatan di bidang pengawasan dan pemeriksaan umum serta perbendaharaan dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.

Danpusterad

(1) Danpusterad dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Letnan Jenderal TNI, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. Sebagai Komandan Satuan.

1. membina, memelihara, dan menegakkan hukum, disiplin serta tata tertib anggota;
2. membina, memelihara, dan meningkatkan moril, mental, serta jiwa korsa keprajuritan;
3. membina, memelihara, dan mempertinggi semangat dan kemampuan teknis teritorial serta membantu penyelenggaraan Operasi Militer untuk Perang
(OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP); dan
4. membina kegiatan perawatan logistik dan administrasi yang berkenaan dengan alat peralatan dan personel dilakukan secara lengkap dengan daya guna yang sebesar- besarnya.

b. Sebagai Perwira Staf Khusus Kasad.

1. merumuskan dan menyiapkan kebijakan yang berhubungan dengan pembinaan fungsi teknis teritorial sesuai program dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat; dan
2. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Kasad sesuai bidang tugasnya.

c. Sebagai Pembina Fungsi Teknis Teritorial.

1. menyelenggarakan pembinaan, supervisi, dan asistensi fungsi teknis teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat;
2. menyelenggarakan pembinaan sistem dan metode dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat;
3. menyelenggarakan pendidikan dan latihan bidang teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat;
4. menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat;
5. mengadakan koordinasi dengan institusi pembina teritorial di luar TNI AD (Dirpotmar dan Dirpotdirga) maupun dengan komponen bangsa lainnya
yang berkaitan dengan pelaksanaan tugasnya;
6. mengendalikan kegiatan di bidang pengumpulan dan pengolahan data teritorial melalui monitoring perkembangan situasi wilayah serta menyajikan
data dan informasi untuk dilaporkan kepada pimpinan TNI AD; dan
7. memimpin perencanaan dan mengajukan usulan serta melaksanakan program dan anggaran Pusterad dengan tertib dan tepat waktu.

(2) Danpusterad dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggungjawab kepada Kasad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wakasad.

Wadanpusterad

(1) Wadanpusterad dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Mayor Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. mengoordinir semua kegiatan staf dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian program anggaran Pusterad;
b. menentukan tata kerja dan prosedur kerja di lingkungan Pusterad;
c. mengoordinasikan hubungan antara Pusterad dengan badan lain, baik di dalam maupun di luar TNI AD dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok
Pusterad;
d. mengerjakan tugas khusus yang dibebankan oleh Danpusterad;
e. mewakili Danpusterad bila Danpusterad berhalangan dan melaksanakan kegiatan sesuai rencana/kebijakan yang digariskan oleh Danpusterad; dan
f. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Wadanpusterad dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad.

Ir

(1) Ir dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggungjawab menyelenggarakan kegiatan di bidang pengawasan dan pemeriksaan, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. menyelenggarakan pengawasan serta pemeriksaan di bidang perbendaharaan, bidang umum, pendidikan, latihan, logistik, materiel di lingkungan
Pusterad;
b. menyusun Program Kerja Pengawasan/Pemeriksaan Tahunan (PKPT) Itpusterad;
c. menyelenggarakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan umum dan perbendaharaan satuan jajaran Pusterad dan Pusdikter, serta melaksanakan
pendampingan pengawasan dan pemeriksaan eksternal (BPK RI, Itjen Kemhan, Itjen TNI dan Itjenad);
d. menyelenggarakan verifikasi di satuan jajaran Pusterad dan Pusdikter dalam rangka serah terima jabatan Dan/Wadan/Dir/Ka, pelaksanaan RAT Primkopad
dan verifikasi kekayaan struktural maupun non struktural;
e. mengoordinasikan pelaksanaan reviu atas Laporan Keuangan (LK), dan Simak BMN; dan
f. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Ir dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Inspektur Utama yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Inspektur Utama Umum disingkat Irutum.
b. Inspektur Utama Bendahara disingkat Irutben.

(3) Ir dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirum

(1) Dirum dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang fungsi organik militer, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan mengawasi kegiatan pengamanan, operasi, latihan dan teritorial;
b. merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan mengawasi kegiatan pembinaan personel dan logistik Pusterad;
c. mengoordinir pelaksanaan pendataan Barang Milik Negara di lingkungan Pusterad dengan Simak BMN; dan
d. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirum dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Pengamanan, Teritorial, Operasi dan Latihan disingkat Kasubditbinpamteropslat.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Personalia dan Logistik, disingkat Kasubditbinperslog.

(3) Dirum dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirter

(1) Dirter dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan meliputi pembinaan teritorial dan pembinaan wilayah pertahanan darat, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. menyelenggarakan pembinaan fungsi teknis Teritorial yang berhubungan dengan metode Binter meliputi Komsos, Bakti TNI dan Tahwil;
b. menyelenggarakan segala pekerjaan dan kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan Satkowil dan Satnonkowil tentang kegiatan Binter bertujuan untuk
mewujudkan RAK juang yang tangguh dalam rangka membantu penyelenggaraan OMP dan OMSP;
c. melaksanakan bimbingan teknis dan asistensi teknis terhadap pembinaan wilayah pertahanan darat; dan
d. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirter dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Komunikasi Sosial dan Bakti TNI, disingkat Kasubditbinkomsos dan Bakti TNI.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Ketahanan Wilayah, disingkat Kasubditbintahwil.

(3) Dirter dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirsismet

(1) Dirsismet dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang pembinaan sistem dan metode, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. menyelenggarakan kegiatan penyusunan/revisi, cetak, dan distribusi serta melaksanakan kegiatan sosialisasi doktrin, peraturan dan petunjuk bidang
teritorial;
b. menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan manajemen teritorial meliputi asistensi atau bimbingan teknis;
c. menyelenggarakan kegiatan penyusunan, dan evaluasi Orgas Satkowil serta melaksanakan kegiatan asistensi kemampuan dan kemantapan Satkowil; dan
d. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirsismet dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Doktrin, Peraturan dan Petunjuk disingkat Kasubditbindokturjuk.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Manajemen dan Organisasi, disingkat Kasubditbinjemenorg.

(3) Dirsismet dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirdiklat

(1) Dirdiklat dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang pendidikan dan latihan dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. memimpin perencanaan dalam membuat usulan program kerja dan anggaran bidang pembinaan kemampuan teritorial pendidikan teritorial dan latihan teritorial;
b. melaksanakan pembinaan kemampuan teritorial bagi Apkowil dan Apnonkowil dengan kegiatan pembekalan pembinaan teritorial Satnonkowil, asnis pendayagunaan Koramil Model, Asnis Binsiap Apwil dan kemampuan teritorial, Asnis penyelenggaraan pembinaan teritorial Satgasops (Pamtas dan Pamrahwan) dan Rakornister Pusterad;
c. melaksanakan asistensi pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan bidang teritorial serta pembinaan 10 komponen pendidikan bidang teritorial yang dilaksanakan Pusdikter dan lembaga pendidikan daerah untuk mengoptimalkan hasil pendidikan;
d. melaksanakan pembinaan latihan teritorial yang dilaksanakan Satkowil melalui kegiatan asistensi teknis, pengawasan dan pengendalian latihan teritorial Satkowil, mendukung Satgaster dalam latihan Ancab; dan
e. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirdiklat dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Kemampuan Teritorial, disingkat Kasubditbinpuanter.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Latihan Teritorial, disingkat Kasubditbindiklatter.

(3) Dirdiklat dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirlitbang

(1) Dirlitbang dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggungjawab menyelenggarakan kegiatan di bidang penelitian dan pengembangan, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. memimpin, mengoordinasikan, mengendalikan, dan mengawasi segala kegiatan Sdirlitbang;
b. melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang berhubungan dengan Aparat Teritorial, Sistem dan Metoda, Teknologi Terapan serta Sarana
Prasarana;
c. melaksanakan penelitian dan pengembangan serta evaluasi penyelenggaraan pembinaan teritorial di daerah rawan, konflik, perbatasan dan pulau
terluar;
d. meningkatkan kualitas kemampuan personel untuk memelihara mental dan meningkatkan kesejahteraan, serta mengembangkan kualitas personel yang
profesional dalam kesiapan operasional Litbang Pusterad;
e. melaksanakan penelitian dan pengembangan serta evaluasi tentang teknologi terapan di Satkowil serta pemanfaatannya;
f. melaksanakan pengendalian dan pengawasan serta evaluasi penyelenggaraan program Litbang; dan
g. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirlitbang dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengembangan Aparat Teritorial, dan Sistem Metode, disingkat Kasubditbinlitbangaptersismet.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Terapan dan Sarana Prasarana disingkat Kasubditbinlitbangtekter dan Sarpras.

(3) Dirlitbang dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirpit

(1) Dirpit dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang data teritorial dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. melaporkan dan memberikan saran kepada Danpusterad mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan perkembangan situasi wilayah meliputi geografi, demografi dan kondisi sosial;
b. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengumpulan, penyajian data teritorial dan penyebaran infomasi teritorial melalui medya elektronik dan medya massa lainnya;
c. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyiapan data, keterangan dan informasi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Binter dalam rangka mewujudkan Rakjuang yang tangguh dalam rangka menghadapi OMP dan OMSP;
d. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan penganalisaan data statis dan dinamis terirorial, data hasil kegiatan program binter Satkowil dalam rangka terwujudnya Rakjuang yang tangguh dan peningkatan kesejahteraan rakyat;
e. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pemeliharaan data jumlah Satkowil, jumlah pejabat/pimpinan Satkowil dan jumlah Babinsa serta jumlah personel Satkowil yang nyata (Pa, Ba dan Ta);
f menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan apkowil tentang sistem temu cepat laporan cepat dan pengiriman datater dengan menggunakan perangkat medya sosial (opensoster dan humanter);
g. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan, penyimpanan/bank data dan pemeliharaan data melalui medya sosial (opensoster dan humanter);
h. menyelenggarakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengamanan, pemeliharaan dan pendayagunaan perangkat software dan hardware medya sosial (opensoster dan humanter); dan
i. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirpit dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Sub Direktorat yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Sub Direktorat Pembinaan informasi Analis Teritorial, disingkat Kasubditbininfo Analister.
b. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Sistem Keamanan Informasi, disingkat Kasubditbinsiskaminfo.

(3) Dirpit dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Dirbinrenproggar

(1) Dirbinrenproggar dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang perencanaan, program dan anggaran dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. menyusun dan menyiapkan rencana jangka sedang Pusterad dalam rangka Renstra TNI AD;
b. mengoordinasikan, menyusun, dan menyiapkan rencana jangka pendek, program dan anggaran Pusterad;
c. mengoordinasikan, menyusun, dan menyiapkan rencana program dan anggaran serta menerima dan melaksanakan DIPA;
d. mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan program dan anggaran;
e. melaksanakan analisa dan evaluasi atas pelaksanaan program dan anggaran Pusterad serta mempersiapkan laporan pelaksanaan anggaran dari APBN maupun sumber lain;
f. rekonsiliasi Laporan Keuangan (LK) dengan badan keuangan dan logistik; dan
g. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Dirbinrenproggar dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh dua Kepala Bagian yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel, terdiri dari:

a. Kepala Bagian Perencanaan, disingkat Kabagren.
b. Kepala Bagian Program dan Anggaran, disingkat Kabagproggar.

(3) Dirbinrenproggar dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoor-dinasikan oleh Wadanpusterad.

Kapoksahli

(1) Kapoksahli dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan pembantu Danpusterad yang bertanggung jawab memberikan saran dan masukan menurut bidang keahlian.
(2) Kapoksahli dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh tiga Perwira Ahli yang masing-masing dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Kolonel, terdiri dari:

a. Perwira Menengah Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, disingkat Pamen Ahli Bid. Ilpengtek.
b. Perwira Menengah Ahli Bidang Sistem Pertahanan Negara, disingkat Pamen Ahli Bid. Sishanneg.
c. Perwira Menengah Ahli Bidang Potensi Wilayah, disingkat Pamen Ahli Bid. Potwil.

(3) Kapoksahli dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Kabagurdal

(1) Kabagurdal dijabat oleh Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel, merupakan unsur pelayanan Pusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang urusan dalam, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. memimpin, mengendalikan, mengoordinasikan, dan mengawasi kegiatan di bagian urusan dalam;
b. menyelenggarakan administrasi personel dan logistik yang berkaitan dengan bidang kemarkasan;
c. menyelenggarakan kegiatan penyiapan fasilitas, perhubungan, angkutan, dan pemeliharaan peralatan di lingkungan Pusterad;
d. menyelenggarakan penegakan Permildas di lingkungan Pusterad;
e. merencanakan, menyiapkan dan mengendalikan lingkungan perkantoran, pergudangan, fasilitas latihan, dan perumahan;
f. melaksanakan pemeliharaan dan perawatan materiel organik Pusterad meliputi kendaraan, senjata dan munisi, serta kebutuhan Kapsatlap;
g. merencanakan serta melaksanakan kegiatan administrasi dan pembinaan satuan di lingkungan Mapusterad; dan
h. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Kabagurdal dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh satu Kepala Seksi yang dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Mayor, satu Kepala Poliklinik Kesehatan yang dijabat oleh seorang Pama Angkatan Darat berpangkat Kapten dan satu Komandan Seksi yang dijabat oleh seorang Bati Angkatan Darat berpangkat Pembantu Letnan terdiri dari:

a. Kepala Seksi Markas, disingkat Kasima.
b. Kepala Poliklinik Kesehatan, disingkat Kapolkes.
c. Komandan Seksi Provos, disingkat Dansiprovos.

(3) Kabagurdal dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Kainfolahta

(1) Kainfolahta dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel, merupakan unsur pelayanan yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang informasi dan pengolahan data, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. memimpin perencanaan dalam membuat usulan program kerja dan anggaran bidang informasi dan pengolahan data satuan jajaran Pusterad;
b. menjamin efektifitas sistem informasi dan validitas data teritorial, doktrin dan petunjuk, pendidikan dan latihan, penelitian dan pengembangan, serta data fungsi organik militer jajaran Pusterad;
c. menyelenggarakan, memelihara, dan mengembangkan layanan informasi serta memberikan dukungan teknis dan multi media;
d. melaksanakan dan mengendalikan kegiatan tata usaha dan urusan dalam di lingkungan Infolahta Pusterad; dan
e. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Kainfolahta dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Kaset

(1) Kaset dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel, merupakan unsur pelayanan yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang kesekretariatan, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. membuat usulan program kerja dan anggaran Sekretariatan Pusterad;
b. menyelenggarakan kegiatan kesekretariatan;
c. menyelenggarakan pendinamisan arsip di lingkungan Pusterad;
d. menyelenggarakan korespondensi, dokumentasi, pengarsipan, penggandaan dan tata usaha kantor lainnya;
e. melaksanakan dan mengendalikan kegiatan tata usaha dan urusan dalam di lingkungan Sekretariat Pusterad; dan
f. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Kaset dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Kapen

(1) Kapen dijabat oleh seorang Pamen Angkatan Darat berpangkat Mayor, merupakan unsur pelayanan Pusterad yang bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan di bidang penerangan, dengan tugas kewajiban sebagai berikut:

a. memimpin perencanaan dalam membuat usulan program kerja dan anggaran penerangan di lingkungan Mapusterad;
b. menyelenggarakan kegiatan penerangan satuan, penerangan umum, penerangan khusus dan penulisan strategis bagi kepentingan Pusterad;
c. menyelenggarakan penulisan amanat dan pembuatan artikel ilmiah untuk kepentingan pimpinan Pusterad;
d. menyelenggarakan penyediaan, pengelolaan dan penyebaran informasi satuan jajaran Pusterad;
e. menyelenggarakan kegiatan produksi dan dokumentasi tentang kegiatan pimpinan dan kegiatan satuan jajaran Pusterad;
f. menyelenggarakan kegiatan penyampaian informasi melalui media cetak maupun elektronik;
g. mengawasi dan mengevaluasi kegiatan penerangan satuan, penerangan umum, penerangan khusus dan tulisan strategis; dan
h. menyampaikan pertimbangan dan saran kepada Danpusterad sesuai bidang tugasnya.

(2) Kapen dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wadanpusterad.

Danpusdikter

(1) Danpusdikter dijabat oleh seorang Pati Angkatan Darat berpangkat Brigadir Jenderal TNI, merupakan unsur pelaksana Pusterad yang berkedudukan langsung di bawah Danpusterad.
(2) Danpusdikter bertugas menyelenggarakan pendidikan bidang teritorial dalam rangka mendukung tugas pokok Pusterad.
(3) Danpusdikter dalam melaksanakan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danpusterad, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoor-dinasikan oleh Wadanpusterad.